Cara Mengganti Blogspot dengan Domain Sendiri

Cara Mengganti Blogspot dengan Domain Sendiri - Apakah anda bosan domain dot blogspot yang sudah terlalu banyak dan mungkin panjang buanget?. Lalu anda ingin menggantinya dengan domain sendiri? - Bagi anda yang ingin memakai domain premium tapi tidak ingin direpotkan dengan masalah hosting, maka cara tepatnya adalah instal domain sendiri dengan hosting gratis di blogger. dengan isitilah lainnya adalah membuat blog pada sebuah blog provider gratis seperti blogspot, kemudian ganti alamatnya dengan domain kepunyaan anda sendiri.

Sebelumnya, anda sebaiknya siap-siap untuk Memilih domain yang anda inginkan. ada dot com, dot net, atau dot lainnya. Pastikan anda tidak salah memilih nama domain yang nantinya akan menggantikan domain blogspot anda menjadi domainanda.com. Bila anda masih bingung, Silahkan Pelajari kriteria Mimilih nama domain Yang Baik terlebih dahulu.

Mengganti Domain Blogspot
Ada 2 cara untuk mengganti/merubah domain blogspot anda menjadi domain sendiri. Cara pertama adalah cara yang simple, yaitu memesan domain dari blogger.com. Sehingga proses instalasi / perjodohan domain kehosting (konfigurasi) berjalan otomatis tanpa anda perlu menyettingnya dengan rumit. Sedangkan cara yang satu lagi adalah memesan domain dari provider lain lalu kita instal sendiri diblogger, tentunya kita akan sedikit disibukkan dengan konfigurasinya.
 
1. Cara Ganti Domain Dari Dashboard Blogger.com
Inilah adalah cara paling mudah untuk mengubah domain blogspot, yaitu dengan membeli domain dari blogger.com lalu biarkan mereka yang mengkonfigurasinya dan domain langsung bisa digunakan dalam waktu yang sangat cepat.
Pertama, silahkan login ke dashbord blogger anda, lalu pilih menu "Setelan". Lihat pada "PENERBITAN"
pilih "Tambahkan domain Khusus". lalu masukkan alamat blog (domain yang anda inginkan) pada kotak yang disediakan.
Cara yang cukup mudah ini sayangnya hanya bisa dilkukan oleh oleh yang memiliki Kartu Visa dan akun Paypal. Adapun harganya jika.com adalah berkisar 10 dollar.

2. Cara Mengganti domain Blogspot dari jasa provider lain
Ini merupakan cara costum blogspot menjadi domain sendiri dengan memesan domain pada provider selain blogger. Biasanya harga domain lebih murah daripada yang dari blogger tadi. Saya sendiri membeli domain saya di Rumahweb dengan harga Rp.95.000,- untuk dot.com, rp. 55.rb untuk yang .ac.id. Selengkapnya bisa anda survei sendiri.
Nah, setelah Anda selesai membeli domain saatnya sekarang "menjodohkan/konfigurasi domain+hosting".
A.Cara Konfigurasi/setelan Domain di Cpanel:
Sebagai contoh saya gunakan cpane rumahweb.com
>Silahkan masuk dengan menggunakan username dan password ke http://rumahweb.com.
>Username yang anda gunakan adalah email anda. Sedang untuk passwordnya ikuti password pemberian Rumahweb. Kalau lupa, tinggal klik forgot password, maka anda akan dikirim email dengan  password baru.
>Selanjutnya klik Manage Orders, lalu pilih List/Search Orders => klik domain yang akan diedit.
>Klik DNS Management => klik Manage DNS
>Klik CNAME Records => klik Add CNAME Records

Anda Akan diberi form, untuk mengisinya ikuti petunjuk:
  • Pada Host Name isi dengan: www
  • Sedangkan untuk Value diisi dengan ghs.google.com (kasih tanda tik pada lobang kedua)
  • Klik Add Record. 
  • Selesai. (contoh gambar di bawah)


B.Cara Konfigurasi Domain Pada Dashboard Blogger.
Kita akan mengikuti tampilan  terbaru dari blogger.com. Jadi silahkan melakukan upgrade interface jika anda masih memakai tampilan yang lama.

1.Login ke Blogger.com
2.Klik SETELAN, lalu pilih sub menu DASAR
3.Pada Alamat Blog klik +Tambahkan domain khusus lalu klik Alihkan ke setelan lanjutan
4.Pada "Setelan lanjutan" masukkan nama subdomain Anda. Contoh:www.namadomainbaruku.com
5.Klik Simpan. dan....Selesai.

Itulah sedikit penjelasan tentang mengganti domain blogspot menjadi domain sendiri, ini menjadi perlu bagi anda yang ingin meningkatkan keprofesionalan blog anda. JIka anda serius tidak ada salahnya anda memulai lebih dini karna domain masih banyak tersedia dan harganya pun terjangkau.

Sumber: http://blog.fispol.com/2013/01/mengganti-blogspot-dengan-domain-sendiri.html

0 komentar:

Poskan Komentar