Diagram Arus Kegiatan Ekonomi

Diagram Arus Kegiatan Ekonomi atau disebut juga Circular of economics system/flow Hubungan antara pelaku-pelaku kegiatan dapat digambarkan sebagai berikut.


Arus Kegiatan Ekonomi antara RTK dan RTP

Dalam kegiatan ekonomi masyarakat, produsen dianggap sebagai rumah tangga produksi dan konsumen dianggap sebagai rumah tangga konsumsi. Rumah tangga produksi dalam menghasilkan barang selalu mempergunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga konsumsi, dan rumah tangga konsumsi akan memperoleh kompensasi atau imbalan atas penggunaan faktor produksi tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, maka aktivitas ekonomi sebagaimana dikemukakan oleh Francois Quesney (1694-1774) dalam bukunya yang berjudul “Tableua Economique”, yang disebut sebagai “the Circular Flow of Economic Activity” atau arus lingkaran kegiatan ekonomi meliputi arus barang dan arus uang.

Berdasarkan diagram pada Gambar diatas dapat diuraikan sebagai berikut:
> Aliran arus barang
Semula rumah tangga konsumsi memiliki faktor produksi, digunakan oleh rumah tangga produksi sehingga dihasilkan berupa barang dan barang tersebut diperdagangkan atau dijual kepada rumah tangga produksi.
> Aliran arus uang
Dari barang yang dihasilkan oleh rumah tangga produksi akan dijual kepada rumah tangga konsumsi, sehingga rumah tangga produksi memperoleh penghasilan atas penjualan barang tersebut. Dan hasil penjualan barang tersebut diberikan atau dibayarkan kepada para pemilik factor produksi atau rumah tangga konsumsi yang berupa sewa, upah dan gaji, bunga, laba.
> Aliran pasar faktor produksi/pasar input
Adanya hubungan antara penggunaan faktor produksi dan pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi disebutt sebagai pasar atau tempat ditawarkannya faktor produksi.
> Aliran pasar hasil produksi/pasar barang
Dengan dihasilkannya barang oleh rumah tangga produksi, maka barang tersebut dijual kepada konsumen sehingga diperoleh hasil berupa uang. Aliran ini disebut sebagai pasar atau tempat ditawarkannya barang hasil produksi.

Arus Kegiatan Ekonomi antara RTK, RTP, Pemerintah, Lembaga Keuangan, dan Mayarakat Luar Negeri: Menurut Dr. Boediono kegiatan kelima pelaku ekonomi secara skematis dapat digambarkan sebagai berikut.

Dari Gambar kamu dapat melihat adanya aliran permintaan, aliran penawaran, dan aliran tidak lewat pasar. Perhatikan nomor-nomor yang menunjukkan kegiatan ekonomi pada diagram di atas.
Aliran permintaan meliputi kegiatan berikut ini:
  1. Pengeluaran konsumsi oleh rumah tangga
  2. Belanja barang oleh pemerintah
  3. Investasi oleh pemerintah
  4. Ekspor ke luar negeri
  5. Kebutuhan tenaga kerja oleh pemerintah
  6. Kebutuhan tenaga kerja oleh perusahaan
  7. Kebutuhan uang tunai
  8. Kebutuhan rumah tangga akan uang tunai
  9. Kebutuhan perusahaan-perusahaan asing akan rupiah Sementara itu, aliran penawaran meliputi kegiatan berikut ini.
  10. Hasil produksi dalam negeri
  11. Impor dari luar negeri
  12. Tenaga kerja yang disediakan oleh rumah tangga
  13. Suplai uang kartal
  14. Tabungan rumah tangga
  15. Suplai uang giral
  16. Suplai dana luar negeri

0 komentar:

Posting Komentar