10 Rahasia Pengusaha Online

10 Rahasia Pengusaha Online
10 Rahasia Pengusaha Online - Banyak cara untuk berjualan online tapi sedikit orang yang paham bagaimana sukses dengan hanya berjualan online. Selain banyak orang masih belum paham dengan teknologi internet saat ini, masih banyak yang takut untuk terjun ke dalam bisnis online padahal bila kita mampu memanfaatkan internet secara maksimal kita bisa sukses dengannya.


Nah, sekarang apa sih rahasia Netpreneur (pengusaha online) itu? kita coba rangkum menjadi 10 poin berikut ini:

1. Konsisten
Ini yang jarang dipunya orang banyak, konsistensi dalam jualan online. Maksudnya adalah konsisten untuk terus melakukan promosi, konsisten untuk selalu cek lapak hingga konsisten untuk mengupdate informasi terkait lapaknya.

2. Berbeda dengan yang lain
Hampir semua entrepreneur online yang sukses berbisnis sesuatu yang sebenarnya sudah banyak orang lakukan, tapi kenapa para entrepreneur ini bisa lebih sukses? itu karena mereka memberikan sesuatu yang berbeda dari penjual lain. Contoh: banyak orang berjualan kaos maka kita mesti berikan sesuatu yang berbeda pada produk kaos kita (bila ingin jualan kaos), misalnya dengan berikan bonus atau menjual kaos sesuai gambar pemesan.

3. Menampilkan gambar yang apik
Kelemahan banyak orang dalam berjualan online adalah tidak peduli dengan gambar produknya, banyak yang masih menampilkan gambar copy-paste dari internet atau memasang foto yang kecil. Padahal ini hal yang krusial dalam jualan online, buyer sangat sensitif terhadap hal ini. Karena buyer tidak dapat menyentuk produk yang kita jual secara langsung maka kita mesti bisa yakinkan kualitas produk kita melalui foto.

4. Simpel dan informatif
Masih banyak malas untuk mengisi deskripsi barang, padahal ini penting sekali bagi buyer dan juga reputasi si seller sendiri. Sebenarnya kita tak perlu menulis deskripsi barang yang begitu panjang kok, yang penting informatif dan tetap jaga agar tak terlalu panjang.

5. Terbuka pada semua orang
Semua entrepreneur yang sukses pasti terbuka pada semua orang, ini yang membuat para buyer baru sekalipun percaya dengan dirinya. Karena dalam jualan online, kepercayaan adalah modal utamanya. Bagaimana kita sebagai seller mau dipercaya bila kita menolak untuk memberikan no kontak atau alamat tinggal.

6. Memberikan layanan lebih
Semua orang suka dilayani, sehingga mereka mau membayar lebih untuk mendapatkan layanan lebih. Inilah rahasia para pengusaha. Dalam dunia online-pun tak salah bila kita juga memberikan layanan lebih. Misalnya, memberikan layanan konsultasi dengan menjawab semua pertanyaan buyer atau memberikan rekomendasi produk yang cocok untuk buyer.

7. Melakukan promosi
Walaupun jualan online adalah bisnis taraf internasional tapi bila kita tak mempromosikan lapak kita maka itu semua percuma. Seller bisa manfaatkan media sosial seperti: Facebook, Twitter atau blognya sekalipun sebagai media promosi. Share link lapak kita ke semua media sosial yang kita punya sehingga semua orang tahu bahwa kita menjual sesuatu.

8. Pasang harga yang rasional
Di jaman sekarang, semua informasi tersedia dimana-mana sehingga buyer pun saat ini bisa tahu berapa harga wajar untuk sebuah produk, sehingga kita sebagai seller janganlah menjual dengan harga terlampau tinggi. Kecuali memang ada hal lain yang kita tawarkan kepada buyer.

9. Membuat ‘merek’
Ambil contoh ada lebih dari 70.000 seller di Bukalapak.com, lalu bagaimana buyer bisa ingat pada kita? Nah, inilah gunanya membuat sebuah ‘merek’ pada produk atau setidaknya pada lapak kita. Dengan ‘merek’ atau tanda pada lapak kita, maka buyer akan lebih ingat pada kita. Selain itu, ini akan mempermudah kita dalam berjualan dibanyak tempat. Contohnya seperti lapak dengan merek Shutterbox ini http://bit.ly/LlzACM

10. Kesabaran
Pertama adalah konsisten dan terakhir adalah kesabaran. Dua hal ini yang mesti dimiliki semua entrepreneur. Sudah banyak cerita orang sukses tentang konsistensi dan kesabarannya.

0 komentar:

Poskan Komentar