Apa itu Buzz Marketing

apa itu buzz marketing
Gosip tentang seseorang atau sesuatu selalu menyebar dengan cepat. Mengapa? Penyebabnya adalah media penyebaran gosip tersebut: mulut satu orang ke mulut orang lain kemudian ke mulut orang yang lainnya lagi.


Buzz marketing dapat dianalogikan seperti penyebaran sebuah gosip. Menurut Co-Founder JasaArtikel.com Agus Siswoyo, buzz marketing adalah teknik pemasaran suatu produk atau jasa untuk menghasilkan bisnis melalu informasi dari mulut ke mulut. Adapun ‘mulut’ yang ‘dipinjam’ untuk memasarkan produk atau jasa adalah ‘mulut’ orang-orang yang penting, populer, atau memiliki pengaruh. Pesan yang disampaikan oleh orang-orang berpengaruh ini membuat produk atau jasa tertentu menjadi dikenal publik secara luas.

Salah satu contoh buzz marketing yang sedang booming adalah twit berbayar. Seseorang yang populer atau penting, biasa disebut buzz agent, akan menerima bayaran yang biasanya berjumlah besar untuk satu tweet yang ditulisnya mengenai produk atau jasa tertentu.

Yang menjadikan tweet dari si buzz agent mahal adalah jumlah follower yang dimilikinya di akun Twitter. Ketika ratusan ribu bahkan jutaan follower membaca tweet si buzz agent, produk atau jasa perusahaan tertentu akan dipromosikan.

Fenomena buzz marketing lewat Twitter ini kemudian marak digunakan banyak Netpreneur untuk mempromosikan produk atau jasanya. Menurut Reza Nurhilman, pendiri perusahaan keripik singkong terbesar di Indonesia PT Maicih Inti Sinergi, Twitter bisa digunakan sebagai sarana buzz marketing karena orang-orang senang membaca informasi ter-update yang ditulis oleh seseorang yang populer.

Selain itu, buzz marketing mungkin dilakukan melalui social media sebab kepemilikan akun dalam social media tersebut gratis. Reza mengatakan, pengguna social media itu berasal dari berbagai macam latar belakang. Inilah alasan social mediai memiliki networking power yang sangat dahsyat. Dengan kata lain, buzz marketing merupakan alternatif promosi yang sangat efektif bagi para Netpreneur.

Jika Anda adalah Netpreneur yang kebetulan kenal atau berteman dengan orang populer yang memiliki banyak followers, mengapa tidak coba menawarkan produk atau jasa Anda kepadanya? Kalau orang populer tersebut puas dengan produk atau jasa Anda, siapa tahu ia bisa menjadi buzz agent bisnis pribadi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar