Tips Sukses Berjualan Kue

Tips Sukses Berjualan Kue
Banyak orang melakukan bisnis makanan, terutama kue, melalui media on-line seperti website dan Facebook. Namun, tidak semua pengusaha kue mendapatkan keuntungan yang besar. Apa saja tips meraup keuntungan dari bisnis kue secara on-line?


Buatlah kue yang “unik”
Langkah awal meraup keuntungan adalah dengan membuat makanan dari bahan dasar unik. Buyer suka mencoba makanan-makanan baru seperti nastar jagung atau roti goreng. Sesuatu yang unik dapat menarik minat beli. Agar kesan pertama begitu menggoda, gunakanlah nama yang unik seperti “soto gebrak” atau “es pocong”.

Sebarkan tester
Berikan kesempatan kepada orang lain untuk mencoba produk Anda agar mereka tahu kenikmatan sebenarnya, lalu tawarkan kue Anda kembali beserta informasi harganya. Mintalah orang populer yang Anda kenal untuk mencicipi dan me-review produk Anda sebagai bentuk promosi. Banyak pengusaha kue yang berpromosi dengan cara membagi kue gratis tiap minggu kepada followers akun Twitternya.

Berikan diskon dan promo
Berikan diskon yang berlaku untuk selang waktu tertentu sebagai hadiah dan promo kepada buyer.  Undian berhadiah atau kuis adalah cara yang efektif untuk menggalang calon buyer baru. Namun, lakukan promo seperti ini dalam jangka waktu pendek saja.

Pertahankan loyalitas buyer
Jagalah kepercayaan buyer terhadap produk Anda dengan mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang prima. Karena makanan memiliki rentang waktu kadaluarsa, Anda harus memproduksi stok kue sesuai kebutuhan. Perhatikan pula cara pengiriman kue agar tidak rusak atau berubah kualitasnya selama pengiriman.

Lakukan inovasi produk
Inovasi harus dilakukan agar buyer tetap aware atas produk yang Anda jual. Salah satu caranya dengan menambah variasi menu, rasa, atau variasi pelayanan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas dan cita rasa makanan Anda.

Ciptakan manajemen produksi yang baik
Buat manajemen produksi yang baik dengan selalu memantau jumlah stok produk masuk dan keluar. Aktiflah di kegiatan off-line walaupun kegiatan utama Anda adalah berbisnis on-line. Ini penting dilakuakn upaya semua orang mengetahui bisnis Anda.

Tentukan harga bahan baku yang reasonable
Perhatikan harga bahan baku agar Anda tidak merugi akibat tingginya modal awal bahan baku produk. Membeli bahan baku secara grosir bisa menjadin alternatif solusi saat harga bahan baku tidak stabil.

Pertimbangkan sistem reseller di kemudian hari
Bila keuangan bisnis Anda telah stabil keuangannya, ciptakan sistem reseller agar orang lain bisa sukses bersama Anda. Gunakan sistem konsinyasi ke kantin atau rumah makan untuk memperluas distribusi penjualan kue Anda.

Pilih kurir yang tepat
Jangan pernah mempercayakan pesanan kue kepada kurir yang belum berpengalaman dalam mengirim makanan. Akan lebih baik lagi jika pesanan diambil oleh buyer sendiri.

Jangan anggap remeh keluhan buyer
Apapun bisnisnya, setiap seller harus menjaga kepercayaan buyer dengan mendengarkan dan menanggapi keluhan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar