Tips Belajar Saham Untuk Para Pemula

tips investasi saham
Ketika melihat beberapa waktu kebelakang, investasi saham masih belum banyak dilirik karena dianggap sebagai investasi yang sangat beresiko. Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak orang yang menyadari bahwa investasi saham mempunyai return yang besar dan mulai mempelajarinya. Alasan lainnya adalah karena saham lebih bisa diandalkan dibanding valuta asing, dan juga mempunyai dividen dibandingkan dengan pasar forex.

Namun sebelum kita membahas mengenai tips belajar saham, tahukah Anda apa itu saham? Pada dasarnya, saham ini adalah sebuah produk keuangan yang termasuk kedalam produk pasar modal. Dengan saham, Anda dapat memiliki tanda bukti kepemilikan terhadap perusahaan yang telah menerbitkan sertifikat saham tersebut. Dewasanya, saham ini mempunyai nilai aktual dan nilai intrinsik tersendiri. Dalam bertransaksi saham, ada strateginya tersendiri.

Jika Anda menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda harus memiliki tips serta trik terntentu sama seperti bermain saham. Memang banyak orang yang menganggap saham ini hanyalah instrumen finansial yang dapat dipahami seiring berjalannya waktu dan secara pemikiran otak kiri saja. Padahal, bukan itu esensi utama dari mempelajari saham. Untuk itu, marilah kita simak beberapa tips belajar saham untuk pemula berikut ini.
  1. Menganggap Saham Sebagai Manusia
    Jangan hanya memperlakuan saham sebagai instrumen finansial semata. Perlu Anda ketahui jika saham ini juga memiliki pemain belakang yang bertugas untuk mengelola saham tersebut. Dengan memahami karakteristiknya, Anda bisa melanjutkan langkah Anda dalam menganalisis tools yang bisa Anda gunakan.
  2. Meneliti Kembali Data Keuangan
    Tahukah Anda jika negara kita ini adalah salah satu negara yang menganut sistem emerging market, yaitu sisyem pasar yang data-data keuangannya seringkali unreliable. Tujuan dari tips belajar saham yang satu ini adalah untuk membuat Anda lebih bersikap waspada serta konservatif pada data-data keuangan yang ada.
  3. Selalu Disiplin
    Salah satu cara sukses bermain saham adalah dengan disiplin, tekun, dan juga serius. Jangan sekali-sekali mengikuti emosi dan nafsu Anda. Tips belajar saham yang satu ini mengajarkan Anda untuk bersikap dewasa dan berkepala dingin. Anda juga tidak boleh terlalu serakah. Cukup fokuskan diri Anda pada maksimal 3 saham dan simpan 1 atau 2 saham sebagai pegangan Anda selama satu tahun.
  4. Berteman Baik Dengan Broker
    Jangan anggap broker hanya sebagai alat, mereka juga manusia seperti Anda. Maksud berteman baik disini harus dilakukan secara tulus dan tidak mengharapkan sama sekali insider information dari broker. Dengan begini, Anda dapat mengasah sikap rendah hati dan sederhana Anda.
  5. Menyimak Karakteristik Spesial Bursa
    Anda bisa saja mengikuti tren yang sedang ada. Namun, jangan lupa untuk terus waspada akan kemungkinan tren itu berbalik. Kemudian Anda juga bisa mencatatat karakteristik unik yang terjadi di bursa. Seperti di bulan April-Mei yang kemungkinan kenaikan, dan yang lain-lainnya.
Nah, itu dia sedikit tips belajar saham yang dapat Anda pelajari. Selalu ingat faktor utama yang menunjang keberhasilan Anda adalah sikap mental dan emosi, strategi, analisis, informasi, dan tentu saja keberuntungan.

Sumber: pakarinvestasi.com

1 komentar:

  1. Maaf, mungkin saya bisa bantu bila ada yang ingin
    Private Belajar Analisa Teknikal Saham di JAKARTA
    silahkan mampir
    http://analisasahamantonj.blogspot.co.id/2014/03/belajar-analisa-teknikal.html
    Belajar Saham “Analisa Teknikal”

    Terima Kasih

    BalasHapus