Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep dasar sistem informasi meliputi pengertian dari data, sistem, informasi dan sistem informasi. Banyak terdapat pengertian data yang dirangkum dari berbagai sumber. Diantaranya adalah:
  1. Menurut berbagai kamus bahasa, data diterjemahkan sebagai istilah yang berasal dari kata “datum“, yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan.
  2. Dari sudut pandang bisnis, “Business data is an organization’s description of things (Resources) and event (transaction) that it faces”. Jadi data dalam hal ini disebut data bisnis yang merupakan deskripsi organisasi tentang sesuatu (Resources) dan kejadian (transaction) yang terjadi.
  3. Pengertian lain mengatakan bahwa “data is the description of things and events that we face”. Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.
Dari ketiga pengertian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa data adalah fakta atau bahan baku infomasi yang masih berupa kelompok simbol-simbol dari sesuatu atau kejadian yang belum memiliki arti kegunaan.
Untuk mempelajari suatu sistem akan lebih baik jika diketahui lebih dahulu definisi sistem itu sendiri. Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai berikut:
“Sistem adalah kumpulan atau group dari bagian-bagian komponen apapun baik phisik ataupun non phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harminis untuk mencapai satu tujuan tertentu."
“Sistem adalah sekelompok, dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (common purpose)."
Dalam sistem terdapat 5 elemen yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk mendukung tujuan pokok sistem, yaitu:
  1. Data. Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.
  2. Prosedure. Prosedure adalah urutan-urutan yang tepat atau tahap-tahap instruksi yang menerangkan sesuatu yang harus dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.
  3. Hardware. Hardware adalah peralatan pada sistem komputer secara phisik dapat dilihat.
  4. Software. Software adalah program yang berisi perintah atau code untuk melakukan pengolahan data.
  5. Brainware. Brainware adalah manusia yang mengoperasikan dan mengatur sistem.
Informasi sangat besar perananya dalam suatu sistem. Sumber dari informasi adalah data. Keterkaitan antara data dan informasi adalah dalam bentuk definisi yang dapat didefinisikan sebagai berikut:
“Informasi adalah hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.”
Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, sebagai berikut:
“Sistem Informasi adalah suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Jogianto HM., 1989)

0 komentar:

Poskan Komentar