Tips Memulai Bisnis Pribadi

Memulai Bisnis Pribadi
Jenuh dengan rutinitas kantor? Bosan dengan sistem kerja harian? Capek hati mendengar perintah dan keluhan atasan? Jika ya, mungkin inilah saatnya Anda berhenti bekerja untuk orang lain dan memulai usaha sendiri. Memulai bisnis pribadi tidak serumit yang Anda bayangkan. Asalkan langkah awalnya tepat, dijamin Anda akan menjadi pengusaha sukses di kemudian hari.


Melakukan refleksi
Sebelum memulai bisnis pribadi, ada baiknya Anda mengevaluasi diri sendiri untuk mendapatkan tujuan dari bisnis Anda. Hal yang perlu Anda evaluasi misalnya minat, keterampilan atau skill, kemampuan finansial untuk memperoleh modal, alokasi waktu yang akan Anda berikan untuk usaha Anda, hingga pemilihan menjual produk atau jasa.

Memperkirakan peluang usaha
Ketika Anda sudah menetapkan bidang usaha yang akan Anda geluti, Anda perlu menganalisis peluang usaha di bidang tersebut. Tinggi-rendahnya ketertarikan publik terhadap bidang itu serta jumlah pesaing bisnis di bidang terkait perlu Anda prediksi agar usaha Anda memiliki peluang sukses yang besar.

Pertimbangkan aspek hukum atau legalitas bisnis Anda
Sedikit banyak Anda harus mulai paham tentang masalah perizinan dan lisensi sebagai dasar hukum bisnis Anda. Untuk ke depannya, bisnis Anda akan melibatkan banyak pihak. Agar Anda dan pihak lain tidak merasa dirugikan, Anda harus memiliki legalitas untuk memperkuat keabsahan bisnis Anda secara hukum.

Mulailah menyusun konsep bisnis Anda
Untuk menuju kesuksesan, Anda harus membuat konsep bisnis yang jelas. Gunakanlah analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) sebagai pedoman menyusun usaha Anda.

Cari sumber dana untuk modal awal
Dari mana Anda akan mendapatkan uang sebagai modal awal? Dari tabungan? Pinjaman dari perorangan atau bank? Berapa besarnya? Dalam kurun waktu berapa lama Anda akan mengembalikan pinjaman tersebut? Hal-hal ini perlu dipertimbangkan untuk mencegah bisnis Anda defisit di kemudian hari.

Gunakan social media secara optimal
Hampir tidak ada orang yang tidak membuka internet setiap harinya. Teknologi ini telah memudahkan kita dalam berkegiatan, termasuk berjualan. Maka dari itu, cara paling cepat dan efektif dalam memasarkan produk kita adalah secara on-line. Buatlah akun-akun di social media dan mulailah aktif berjualan di social media Anda.

Jangan takut salah langkah
Pepatah kuno pengalaman adalah guru yang terbaik sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri. Janganlah ragu untuk mencoba berbagai alternatif dan keputusan terkait kelangsungan bisnis Anda. Pengalaman-pengalaman tersebut akan memberikan Anda gambaran tentang mana yang cocok dan tidak bagi bisnis Anda. Di kemudian hari, pengalaman ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar