Makanan Penahan Lapar Saat Puasa

Makanan Penahan Lapar Saat Puasa - Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa, bagaimana puasa kali ini semoga kondisi tubuh anda tetap sehat dan kuat. Untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan ramadhan, kita harus memberikan asupan makanan sahur yang sehat dan bernutrisi. Beberapa makanan Juga dipercaya sebagai makanan anti lapar karena terdapat macam nutrisi serta vitamin yang dipercaya untuk penunda lapar.

Nah Beberapa makanan di berikut merupakan makanan sahur yang baik dikonsumsi oleh anda selama bulan puasa:


1. Sayur Bening
Mengkonsumsi makanan bening disat sahur sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh disiang harinya. Sayur bening seperti Bayam, Katuk, Brokoli dipercaya kaya kaan serat dan rendah kalori. Sayuran hijau juga mamp membuat lamung anda terasa kenyang. Sayuran bayam dan brokoli juga dipercaya untuk antioksidan serta memberikan pasokan vitamin dan mineral.

2. Buah- Buahan
Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan agar anda terhindar dari panas dalam, dehidrasi dan juga kulit kering. Buah segar seperti apel contohnya, buah apel kaya akan serat, vitamin dan air yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh selama berpuasa. Jika anda tidak menginginkan buah apel, anda bisa memilih buah lainnya yang mengandung banyak serat dan air. Hal ini diperuntukan agar kondisi tubuh anda bisa tetap vit selama menjalakan iadah puasa. 
3. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan memberikan asupan protein nabati yang sangat bermanfat untuk tubuh . Kacang-kacangan dipercaya membuat lambung akan merasakan penuh dalam jangka waktu yang lama, jadi jika dikonsumsi saat sahur, kacang-kacangan sangat dianjurkan. Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang , Kacang merah, bisa dimasak bersama sayuran bening lainnya.

4. Susu
Disaat sahur jangan lupa untuk mengkonsumsi susu untuk daya tahan tubuh, di dalam susu terdapat kandungan vitamin dan mineral sangat baik untuk daya tahan tubuh. Lebih baik mengkonsumsi susu putih atau susu sapi murni karena dan usahakan jangan tambahkan dengan gula.

5. Ikan
Ikan merupakan salah satu makanan sehat sumber protein. Ikan seperti herring, tuna, salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untk tubuh. Asam lemak ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mempercepat metabolisme. Cara membuat makanan sehat dengan ikan pun ikut menentukan kualitas makanan sehat. Makanan yang dipanggang atau di kukus lebih baik daripada di goreng ataupun dibakar.

Informasi megenai beberapa makanan sahur sehat diatas semoga bisa bermanfaat untuk anda sekeluarga. Utamakan kesehatan, dan jangan terbawa nafsu untuk memakan-makanan enak namun tidak sehat baik untuk tubuh. Jangan lupa untuk tetap minum air putih dalam jumlah yang banyak untuk menghinari dehidrasi. Selamat menjalankan ibadah puasa :)

0 komentar:

Posting Komentar